Cara Mudah Membuat PCB


membuat rangkaian papan pcb sendiri


           hiiii guys....gmana kabar ni udah lama saya gak posting... ok guys kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat rangkaian papan pcb sendir. sebenarnya membuat rangkaian pcb tidak terlalu sulit. kita tidak perlu menggunakan alat alat yang rumit.. ok gak usah ber tele tele langsung aja ......
langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat sekema yang kita inginkan. langkah selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mengecek skema yang kita buat / yang kita download dari internet dengan seksama (teliti) apakah sudah benar atau belum karena percumakan kalau nantinya rangkaian yang kita buat tidak bekerja seperti yang kita harapkan. udah capek capek buat/download. eh,,,,, ternyata gak berkerja, kan ngeselin banget tuuu.

kalau kita udah yakin dengan rangkaan yang kita buat maka langkah selanjutnya adalah membuat jalur rangkaian yang nantinya akan kita pindah papan pcb polos. Untuk membuat jalur rangkaian ini, kita bisa menggunakan software komputer seperti workbench, eagle, proteus / yang linya dan kita juga bisa membuat jalur dengan cara menulis dengan tangan tetapi saya sarankan mengunakan software komputer karena kita tdak akan dipusingkan dengan ukuran komponen dan untuk menghindari kemungkinan salah gambar dan kebanyakan yang menggunakan tehnik ini rata-rata gagal.

banyak teknk yang bisa digunakan saat kita akan mencetak gambar yang yang kita buat kepapan pcb antara lain : teknik sablon, teknik copy, dll. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang membuat jalur menggunakan tehnik copy alasannya tehnik ini sangat simpel dan tidak terlalu banyak menguras dompet..hehehe basa sop lagi bokek....
oke langsung aja deh pertama–tama yang perlu kita siapkan adalah sbb:

1.      Skema rangkaian yang akan kita cetak
2.      1 buah papan pcb polos
3.      1 buah sepidol permanen merek senoman jenis F/ sepidol yang bisa digunakan untuk menggambar layout pcb tapi tidak pudar saat terkena air (sepidol permanen). sepidol ini nantinya digunakan untuk menebalkan jalur bila nantinya ada jalur yang putus atau kurang tebal.
4.      1 buah setrika listrik
5.      Cairan pelarut yang umum digunakan seperti feCl3
6.      Bor tangan
7.      baskom / tempat yang bisa digunakan untuk melarutkan papan pcb tetapi bahan yang digunakan harus  terbuat dari bahan pelastik karena bila kita gunakan bahan terbuat dari besi akan terjadi korosi
8.      cairan tiner

langkahnya  antara lain sbb :

1.      pertama tama bersihkan pcb dari minyak yang menempel pada permukaan tembaga pcb yang berwarna merah kecoklatan kita bsa membersihkan permukaan tembaga dengan menggunakan sabun/ diterjen.
2.      keringkan pcb yang tadi kita bersihkan dan hindari kotak langsung dengan tangan kita karena basanya tangan kita mengandung minyak. pcb bisa dikeringkan dengan cara didiamkan dalam ruangan atau dikeringkan langsung dibawah terik matahari.usahakan saat nanti mengambil hindari kontak secara langsung dengan lapisan tembaga.
3.      langkah selanjutnya adalah mengunting kalender sesuai ukuran kertas yang basa dgunakan untuk mencopy laporan.
4.      setelah selesai diguntng gunakan untuk mengcopy rangkaian yang kamu buat (usahakan hasil copyan nanti dicetak agak tebal agar mudah melekat dilapisan tembaga saat disetrika)
cat : rangkaan dibuat terbalk dengan aslinya.
5.      sembari menunggu cetakan selesai kita panaskan setrika yang tadi telah kita siapkan.
6.      setelah proses mengcopy selesai kita priksa terlebih dahulu apakah sudah sesuai apa belum.
7.      setelah semua beres letakkan pcb yang telah dikerngkan tadi di meja. lalu ambil kalender hasil copyan tadi dan atur posisi kalender ( gambar rangkaian) agar tepat berada dilepengan tembaga.
8.      setelah itu setrikan kalender dan tunggu beberapa saat sampai tinta benar benar melekat.
9.      ketika udah benar benar melekat kta ambil dan kita bersihkan mengunakan air (kertas kalender). usahakan jangan terlalu kuat saat menggosok papan agar tintanya tdak hilang saat menghlangkan kertas kalender tadi.
10.  setelah selesai dibersihkan priksa apakah ada jalur yang terputus atau kurang jelas. apabila ada,  tebalkan jalur yang berada pada papan pcb tadi menggunakan sepidol agar nantinya jalur tidak terputus saat dilarutkan.
11.  cat : dibagian ini sangat menentukan kualitas pcb yang kta buat, maka sebelum pcb dilarutkan pastikan bahwa jalur pcb benar benar tertutup oleh tinta

 
gambar pcb
yang telah ditebalkn menggunakan sepidol


12.  setelah rangkaan sudah selesa maka langkah terakhri adalah melarutkan pcb ke dalam larutan FeCl3.


 


gambar saat pcb akan dilarutkan


13.  goyang goyangkan larutan hingga beberapa menit dan mulai tampak hilang lapisan tembaga yang tidak tertutup oleh sepidol
14.  bila bagian yang tidak tertutup tinta sudah hilang maka proses pelarutan sudaah selesai. 

 
gambar pcb yang telah selesai dilarutkan

15.  maka langkah selanjutnya adalah membershkan papan pcb menggunakan air dan jangan menyentuhpapan pcb menggunakan tangan telanjang karena akan mengakibatkan gatal gatal pada kulit. cat: FeCl3 adalah bahan berbahaya, jangan membuang cairan ini sembarangan. berbahaya, karena dapat mencemari lingkungan.

 
gambar papan pcb yang sedang dibershkan dari larutan FeCl3
menggunakan air

16.  setelah papan bersih maka langkah selanjutnya adalah menghilangkan tinta menggunakan tiner .
17.  lalu tinggal dibor deh menggunakan bor tangan.
18.  kalau pengen lebih awet (tidak terjadi korosi) hasil rangkaian tadi diberi cairan pernis (pelapis).



oke guys  selamat mencoba...... 

3 Responses to "Cara Mudah Membuat PCB"

  1. mantab gan....terimakasih banyak postinganya sangat bermanfaat

    http://www.hidayahcinta.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. trimakasi gan udah mampir...

    BalasHapus